DESAIN RUMAH MAKAN DI KLENDER JAKARTA TIMUR


Senirumah.com - Restaurant, Rumah Makan atau cafe dengan gaya Arsitektur Modern Minimalis yang berlokasi di jalan Dermaga Klender - Jakarta Timur ini adalah desain alternative ke-2 dari artikel kami terdahulu yang berjudul Desain Ruko 2 Lantai di Jalan Dermaga Klender.

Sebelumnya, klien kami yang menginginkan Renovasi Ruko miliknya yang bisa difungsikan sebagai Showroom Mobil atau disewakan untuk unit perkantoran, juga menginginkan alternatif desain lain jika suatu saat ingin membuka usaha Rumah Makan atau Restotan di bangunan milknya.

Konsep desain bangunan yang berdiri diatas luas tanah 185m2 ini adalah mengusung gaya Arsitektur modern minimalis. Tujuan tersebut tentu tidak akan dapat terwujud jika konsep bentuk dan pemilihan materialnya tidak sesuai. Oleh karena itu kami sengaja membuat bentuk yang cukup simple namun diberikin sentuhan kombinasi detail tertentu pada bagian-bagian bidang fasade bangunan. Demikian juga tentang pemilihan material finishing, digunakan bahan-bahan bangunan fabrikasi yang memberikan warna kesan modern, seperti penggunan ACP untuk melapisi dinding depan, bahan stainless steel pada kisi-kisi vertikal dan bahan Alluminium untuk kisi-kisi horizontal pada bagian depan lantai 2 bangunan.

Pada lantai dasar, area parkir dibuat lebih mundur sekitar 5 meter dari bangunan lama agar bisa menampung mobil dan motor pengunjung,  kemudian di bagian atas teras diberi topi-topian yang menjorok kedepan hingga lebih dari 2 meter dengan tujuan bisa melindungi motor dan sebagian mobil dari terik matahari dan hujan. Sedangkan ruang dalam dibuat terbuka tanpa banyak sekat agar lebih banyak menampung meja kursi untuk pengunjung,  selebihnya hanya ada Kasir di bagian depan, Dapur dan 2 toilet, juga washtafel di bagian belakang. Tangga untuk naik ke lantai 2 diletakkan di sudut belakang di dekat toilet.
Ruangan lantai 2 juga dibuat plong tanpa banyak sekat, hanya ada kamar mandi untuk pengunjung dan selebihnya adalah untuk menampung meja kursi tamu yang ingin berlama kongkow-kongkow dalam rumah makan ini.

Pada bagian depan fasade bangunan lantai 2 sengaja dibuat terbuka agar udara alami bisa leluasa masuk kedalam ruangan, hanya diberikan pembatas railing stainless steel kombinasi kaca tempert, sedangkan penutup depannya diberikan kisi-kisi dari alluminium dengan tujuan pengunjung tetap bisa mendapatkan view terbaik untuk melihat kearah luar bangunan.

Gbr. Konsep Design Bangunan


Gbr. Konsep Design Bangunan


Gbr. Bangunan Lama Sebelum di Renovasi



Data Proyek:
Renovasi Ruko 2 lantai
Date                    : Februari 2015
Pelaksanaan       : 3 Bulan
Luas Tanah         : 185m2
Lebar depan        : 10m
Panjang               :  18.5m
Budget                 : 350 jt
Lokasi                  : Jln Dermaga Klender - Jakarta Timur
Pemilik                : Saryono
Prinsipil Arsitek    : Rowie
3D Modelling       : Rowie
Estimator             : Rony Eko N
Rendering            : Dady NS



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " DESAIN RUMAH MAKAN DI KLENDER JAKARTA TIMUR "

Posting Komentar